Apa Benar Posisi Duduk "W" Pada Anak Itu Berbahaya? Ini Kata Para Ahli.

Coba perhatikan cara duduk si kecil ketika ia sedang bermain atau menonton televisi. Mungkin Anda akan menemukan ia duduk dengan posisi menyerupai huruf ‘W’. Bagi sebagian besar anak, posisi duduk seperti ini adalah posisi paling nyaman. Akan tetapi, saat ini banyak yang bilang kalau sebenarnya posisi duduk seperti itu justru berbahaya bagi si kecil. Apakah hal ini benar? Mengapa berbahaya? Simak penjelasannya berikut ini.

Posisi duduk ‘W’ tidak baik untuk pertumbuhan anak, apakah benar?

Sebuah survei menemukan bahwa empat dari enam anak-anak memiliki kebiasaan duduk dengan posisi huruf W. Kebanyakan, anak-anak memiliki kebiasaan ini ketika mereka berusia antara 4-6 tahun, meskipun bisa saja anak di bawah 4 tahun atau lebih tua dari 6 tahun melakukannya juga. Namun, kebiasaan ini lama kelamaan akan hilang ketika si kecil mencapai usia 8 tahun.
Sampai saat ini sebenarnya posisi duduk W masih pro dan kontra. Beberapa ahli menyatakan bahwa posisi duduk ‘W’ akan memberikan beban berlebih pada bagian panggul dan lutut anak, sehingga risiko menimbulkan cedera sendi. Apalagi, bagi anak yang memiliki gangguan kesehatan tulang kaki, posisi seperti ini akan memperparah kondisinya.
Namun, sebenarnya hingga saat ini belum ada penelitian atau bukti ilmiah yang menyatakan posisi seperti ini menimbulkan gangguan kesehatan pada anak-anak. Seorang dokter ahli tulang dari Boston Children’s Hospital yang diwawancarai Today.commenyatakan bahwa anak-anak sering melakukan posisi duduk seperti ini karena sebagian besar dari mereka terlahir dengan bentuk lutut yang mengarah ke dalam. Jadi, posisi duduk ini otomatis mereka lakukan untuk memperbaiki bentuk lututnya tersebut.
Bagi sebagian lainnya, posisi duduk seperti ini disukai anak-anak karena posisi tersebut lebih stabil dan membuat tubuhnya lebih fleksibel. Ia bisa memutar badannya, mengambil mainan yang ada di bagian belakang, atau menggapai barang yang ada di samping dan depannya.

Anda tak perlu khawatir jika si kecil duduk dengan posisi huruf W

Lagipula, ketika anak duduk dengan posisi tersebut, itu berarti si kecil tidak merasakan rasa sakit pada bagian lutut atau panggulnya. Saat posisi itu membuat sendi kaki cedera, maka pasti anak tidak akan melakukannya.
Namun, bila memang si kecil memiliki kondisi khusus, seperti bagian tubuh bawahnya – panggul dan kaki – yang lemah atau bentuk kaki yang tak normal, maka sebaiknya hindari duduk dengan posisi huruf W seperti itu. Anak dengan kelainan otot serta displasia panggul (persendian pangkal paha yang tak normal), juga tidak boleh melakukan kebiasaan ini.
Untuk tahu lebih lanjut apakah si kecil punya kondisi tersebut atau tidak, sebaiknya periksakan ia ke dokter dan konsultasikan hal ini pada dokter anak Anda.

Sumber : https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/posisi-duduk-w-pada-anak/

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus