Cara Mengolah dan Mengonsumsi Bawang Dayak

Bagian dari tanaman bawang Dayak yang dikonsumsi dan berkhasiat sebagai obat herbal adalah seluruh bagian tanaman yaitu mulai dari umbi, akar dan daun. Bawang Dayak dapat dikonsumsi dalam keadaan masih segar, diseduh seperti teh, atau diproses terlebih dahulu menjadi bubuk dan kapsul atau dijadikan manisan. Cara mengolah tanaman obat herbal khas Kalimantan ini terdiri dari empat macam, antara lain; simplisia (bahan alami untuk obat), bubuk, instan dan manisan.
Selengkapnya simak cara mendapatkan manfaat bawang Dayak dengan mengolahnya untuk berbagai pengobatan berikut ini:

1. Cara mengonsumsi bawang Dayak untuk pengobatan

Manfaat bawang Dayak bisa diperoleh dengan mengonsumsi dalam keadaan segar untuk pengobatan. Caranya; Siapkan 3-4 bawang Dayak yang telah dicuci bersih, lalu diiris tipis dan diseduh dengan 1 gelas air mendidih (200 ml). Diminum selagi hangat 2-3 kali sehari.

2. Cara membuat simplicia bawang Dayak

Siapkan bawang Dayak yang telah dicuci bersih. Kemudian dipotong/diiris tipis-tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 °C selama sekitar 8 jam. Atau dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering, simplicia bawang Dayak dikemas dan disimpan dengan rapi. Cara mengonsumsinya adalah dengan menyeduh simplicia bawang Dayak dengan air mendidih terlebih dahulu lalu diminum selagi hangat untuk mendapatkan khasiat bawang merah yang menyehatkan.

3. Cara membuat bubuk bawang Dayak

Sama seperti cara yang sebelumnya, siapkan bawang Dayak yang telah dicuci bersih. Kemudian dipotong/diiris tipis-tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 °C selama sekitar 8 jam. Atau dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Kemudian didinginkan dan dihaluskan (ditumbuk). Sebelum membungkus bubuk bawang Dayak, terlebih dahulu diayak. Cara mengonsumsinya yaitu dengan menyeduh bubuk bawang Dayak dengan air mendidih, biarkan menjadi hangat lalu diminum.

4. Cara membuat kapsul bawang Dayak

Sebenarnya ini merupakan cara mengawetkan dengan praktis untuk mendapatkan manfaat bubuk bawang Dayak. Langkah pertama untuk membuat kapsul bawang Dayak adalah sama dengan membuat bubuk bawang Dayak. Kemudian bubuk bawang Dayak disimpan atau dimasukkan ke dalam kapsul. Bentuk kapsul lebih praktis untuk mengonsumsinya dan lebih aman dalam penyimpanan, seperti halnya mengonsumsi obat pada umumnya.

5. Cara membuat bawang Dayak instan

Siapkan bawang Dayak yang telah dicuci bersih, dan dipotong/ diiris tipis. Kemudian tambahkan air bersih dengan perbandingan 1: 2 (1 kilogram bawang Dayak dicampur dengan 2 liter air) ke dalam panci. Untuk mendapatkan kegunaan bawang Dayak, rebus hingga mendidih sambil diaduk dan tambahkan 1 kg gula (1 kg gula dan 1 kg bawang dayak). Selama proses mendidih itu diaduk terus menerus untuk membentuk kristal. Setelah kristal dingin, kristal Dayak dikemas dan disimpan atau dikonsumsi langsung (diseduh dengan air mendidih).

6. Cara membuat manisan bawang Dayak

Bawang Dayang dipotong/diiris tipis dengan ketebalan antara 1-2 mm. Siapkan 1 kg gula dan diencerkan dengan 1 liter air. Kemudian rebus bawang Dayak sekitar 5 menit, masukkan larutan gula sambil diaduk, masak sampai kental atau kering (sampai terbentuk kristal gula). Manisan bawang dayak siap dikonsumsi.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus