IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UKM PRODUKSI KAIN PERCA DI KECAMATAN BANYUMAS

Abstrak
Hidayah Wati

Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi signifikan dalam memicu pertumbuhan ekonomi. Industri kain perca merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan kerajinan tangan. Dengan adannya E-commerce pada UKM Kain Perca di Kecamatan Banyumas dapat membantu dalam mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan tangan kain perca sehingga dapat dikenal masyarakat luas tentang produk-produk yang telah dihasilkan. Jenis penelitian adalah kualitatif, pengumpulan data dilakukan secara survei dan wawancara langsung dengan narasumber. Untuk meningkatkan pendapatan UKM Kain Perca di Kecamatan Banyumas penulis membuat E-commerce kemudian membuat beberapa rancangan sistem yaitu Diagram Alir Data (Flowchart), Diagram Konteks,  dan Data Flow Diagram (DFD),  dilanjutkan dengan mendesain web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Kata kunci: E - Commerce, UKM, Website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar